Friday, July 21, 2017

Transportasi dari Don Mueang Airport ke Hotel di Bangkok


Kali ini saya akan membahas mengenai transportasi dari Bandara Don Mueang ke hotel di pusat kota Bangkok. Ada beberapa transportasi yang bisa kita pakai dari airport menuju pusat kota bangkok, diantaranya bis, taksi dan private car. 


Untuk private car ada beberapa counter tersendiri di Bandara, saya belum pernah coba sih karena mahal banget. Pernah iseng-iseng tanya, sekitar 600rb rupiah untuk sewa mobil jenis sedan dari Don Mueang airport ke hotel di daerah ratchathewi, mihils gilss. Bagi yang punya budget berlebih silahkan di coba, tapi karena saya tau harga sebenarnya ya ogah banget lah naiknya.Transposrtasi yang kedua adalah taksi bandara. Jadi sebenarnya bukan taksi milik bandara sih, tapi taksi yang umum digunakan di Bangkok yaa semacam blue bird, gempah ripah kalo di Bandung, dan lainnya. kalau mau naik taksi tinggal cari Exit 8 dan ngantri deh buat dapet tiket naik taksi. Nanti ada biaya tambahan kalau gak salah 20bath buat supirnya. Tapi saya belum pernah coba naik taksi dari bandara karena ngantriiii banget buat dapet taksinya.



Yang terakhir adalah transportasi yang sering banget saya pakai dari bandara ke pusat kota Bangkok yaitu Bis. Murah dan lumayan cepat. Cara naik bisnya gimana? Tinggal cari exit 6. Jalan keluar dan biasanya si Bis udah ada diluar exit 6.


 Exit 6



Di dalam Bis



Ada dua jenis bis yang bisa membawa kita ke tengah kota Bangkok, yaitu Bis A1 dan A2.  Untuk Bis A1 tujuan akhirnya adalah Mo Chit Northern Terminal dan Bis A2 tujuan akhirnya adalah Victory Monument. 



Kalau nginep di hotel sekitaran pusat kota Bangkok naik yang mana? Naik keduanya pun bisa. Saya sudah coba kedua-duanya. Tapi paling sering naik bis A1 karena paling sering ketemu ya bis A1 hehe. Jadi bis A1 dan A2 ini sama-sama melewati chatuchak atau daerah MRT Mo chit dan BTS Mo Chit. Biasanya saya turun di Mo Chit ini, dan langsung di sambung BTS ke daerah Ratchathewi (tempat biasa saya menginap). 



Kalau kurang yakin, begitu mau naik cukup tanya saja ''Mo Chit"? untuk harga menurut saya cukup terjangkau. 30bath per orang satu kali jalan atau 12 ribu rupiah saja. Dibayar ketika nanti semua sudah duduk dan bis berjalan. Si ibu-ibu di dalam bis berseragam biru tua akan menagih uang yang akan ditukarkan dengan tiket. Bis akan berhenti di satu halte sebelum mencapai daerah Mo Chit jadi jangan salah turun ya. Saya pernah hampir salah turun karena melihat orang lain juga turun. Untung saja ibu-ibu yang berseragam biru tua memberitahu saya kalau MoChit 1 pemberhentian lagi.


Menurut saya bisnya cukup enak, full AC dan dingin walaupun bis nya sudah uzur. Dari Bandara ke Mo Chit sekitar 30-45menit tergantung tingkat kemacetan di Bangkok.Bawa koper besar? Bisa kok. Saya bawa koper besar yang kapasitasnya 30kg. Sudah 3 kali naik bis ini membawa koper besar dan gak ada masalah juga. Oh ya, saya juga sudah dua kali naik bis ini jam 10/11 malam mengejar BTS terakhir menuju Hotel dan Alhamdulillah aman-aman saja. Tapi kalau dirasa kurang yakin bisa pakai taksi bandara atau sewa private car. Kalau yang ogah rugi seperti saya bisa dicoba pakai Bis. Pesan saya jangan malu bertanya nanti nyasar di Negara orang 😄 Selamat mencoba!


2 comments:

  1. hai,btw tinggal di yangon ya?kita juga dari bandung nih kebetulan mau ke myanmar tgl 23 maret ini, pngen tnya2 info myanmar dong kalo berkenan boleh email saya di echi5886@gmail.com

    ReplyDelete